Welcome To My Blog Informatika

Ancaman Keamanan Komputer dan Jaringan

/
0 Comments

 

Mengenal Virus Komputer

Apa Itu VIRUS  ?
Dalam Wikipedia, VIRUS merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

kita ambil Simplenya aja,
VIRUS adalah program komputer yang dapat menyebar pada komputer dengan cara membuat copy dari dirinya sendiri tanpa sepengetahuan dari pengguna komputer tersebut


Apa Efek dari VIRUS Komputer?
Virus dapat menimbulkan efek yang berbahaya, misalnya mulai dari menampilkan pesan, mencuri data atau bahkan mengontrol komputer Anda dari jarak jauh.

Apa Ciri dan Tanda-Tanda Dari VIRUS ini?
Apa sih tanda-tandanya kalo komputer kita terjangkit Virus? Oke sekarang kita coba cek beberapa ciri/tanda-tanda kalo komputer kita terkena virus... VIRUS komputer kadang memperlihatkan gejala seperti halnya VIRUS dalam tubuh manusia. Berikut gejala dari komputer yang sudah terkena VIRUS :

1. Akan menampilkan aplikasi Internet Explorer yang berisi penawaran atau iklan investasi, game dan program-program promosi (terkadang menampilkan film porno) dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet sehingga menghabiskan banyak bandwidth untuk iklan yang ditampilkan dan mengakibatkan akses internet menjadi lambat.

2. Komputer tiba-tiba berhenti atau tidak merespon yang dikenal dengan istilah Nge-Heng. dan hal ini terjadi sering sekali.

3. Komputer tiba-tiba restart atau crash dan sering muncul tulisan “Don’t Send” dan hal ini terjadi beberapa menit sekali, dan yang paling parah adalah komputer tidak bisa masuk kedalam windows lagi.



4.  Komputer tiba-tiba restart dan tidak bisa berjalan normal kembali.

5.  Aplikasi komputer tidak berjalan dengan semestinya.

6.  Hardisk atau disk drive tidak bisa diakses.

7. Aktivitas print tidak bekerja dengan semestinya.

8.Sering terjadi pesan error yang aneh dan tidak biasanya.


9. Sering terlihat menu atau dialog box yang rusak.



Berikut ini adalah nama / Jenis-jenis virus dan cara kerja masing-masing virus :

1. Virus Compiler, virus yang sudah di compile sehingga dapat dieksekusi langsung. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan mengalami perkembangan pesat sekarang.

2. Virus Bagle BC, virus ini ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita.

3. Virus File, adalah virus yang memanfaatkan file yang dapat diijalankan/dieksekusi secara langsung.

4. Virus Sistem, atau lebih dikenal sebagai virus Boot. Kenapa begitu karena virus ini memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer.

5. Virus Boot Sector, virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran virus.Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus.

6. Virus Dropper, suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan.

7. Virus Script/Batch, awalnya virus ini terkenal dengan nama virus batch seperti yang dulu terdapat di file batch yang ada di DOS.

8. Virus Macro, virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, Corel WordPerfect dan sebagainya.
 akan menginfeksi Dokumen Ms.Word yang menggunakan bahasa makro, biasanya  berekstensi *.DOT dan *.DOC

9. Virus Polymorphic, dapat dikatakan virus cerdas karena virus dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga sulit dideteksi oleh Antivirus.

10. Virus Stealth, virus ini menggunakan cara cerdik, yakni dengan memodifikasi struktur file untuk meyembunyikan kode program tambahan di dalamnya.

11. Virus Companion, virus jenis ini mencari file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menyalin untuk meletakkan virus.

12. Worm, ini adalah sebuah program yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri.

13. Virus Hybrid, virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file.

14. Trojan horse, disebut juga kuda troya. Trojan menginfeksi komputer melalui file yang kelihatannya tidak berbahaya dan biasanya justru tampaknya melakukan sesuatu yang berguna.
      TROJAN Trojan adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita dikontrol orang lain
          melalui jaringan atau internet.
          JENIS TROJAN :
          1.    Pencuri password
          2.     Pencatat penekanan tombol (keystroke logger/keylogger)
          3.    Tool administrasi jarak jauh
          4.    DDoS Trojan atau Zombie Trojan
          5.    Trojan Virus

           

15. Backdoor Alnica, virus yang juga berbahaya ini merupakan salah satu tipe virus Trojan Horse.


You may also like

Tidak ada komentar:

Teknik Informatika. Diberdayakan oleh Blogger.